Pengalaman Prakerin Kelas XI Kimia Industri di PT. Multi Sarana Indotani: Mengenal Dunia Industri Pestisida dan Pupuk

Kepuhdoko - Eka Endang Kurnianingsih dan Titin Amelia, siswa kelas XI Kimia Industri SMK Darul Ulum Kepuhdoko, telah menyelesaikan program Praktik Kerja Industri (Prakerin) selama tiga bulan dari Januari hingga Maret di PT Multi Sarana Indotani (MSI). MSI adalah perusahaan formulasi pestisida dan pupuk majemuk terkemuka di Indonesia yang berlokasi di Desa Lengkong, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Selama Prakerin di MSI, Eka dan Titin memperoleh berbagai pengalaman dan pelajaran berharga. Mereka melakukan banyak aktivitas di laboratorium seperti persiapan produk MSI, suspensi produk MSI, viskositas produk MSI, analisa pospat pupuk, analisa amonia, cek pH putian produk/sampel produk MSI, dan cek sg produk MSI. Bapak Seno Aji Praswanto, pembimbing Prakerin mereka, memberikan masukan kepada Eka dan Titin untuk banyak bertanya dan mencoba alat-alat yang belum mereka pahami, sehingga mereka bisa memperdalam pemahaman tentang pekerjaan yang dilakukan di MSI.

Tidak hanya di dalam laboratorium, Eka dan Titin juga mendapat kesempatan untuk melaksanakan pekerjaan di lapangan. Mereka melakukan cek volume produk MSI, cek kerapatan sil, cek tanggal produksi dan kadaluarsa, serta berat per kerdus. Semua aktivitas ini dilakukan dengan pengawasan ketat dari staf dan karyawan MSI.

Eka dan Titin melaksanakan Prakerin di MSI selama jam kerja standar perusahaan, yaitu dari pukul 8.00 hingga 17.00, Senin hingga Jumat. Mereka juga merasa senang berada di lingkungan kerja MSI yang sangat menyenangkan. Semua karyawan sangat baik dan ramah, dan mereka merasa sangat terbantu dengan bimbingan Bapak Seno yang sabar dan memberikan banyak ilmu yang tidak bisa diperoleh di sekolah. Mereka bahkan berhasil menjalin hubungan baik dengan karyawan MSI dan mendapatkan teman baru selama Prakerin mereka.

Eka dan Titin merasa berterima kasih kepada seluruh staf dan karyawan MSI yang telah menerima mereka dengan baik dan memberikan banyak pengalaman berharga selama Prakerin. Mereka berharap ilmu dan pengalaman yang didapat selama Prakerin bisa bermanfaat bagi mereka di sekolah dan masa depan.

SHARE:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang diberi tanda bintang (*) harus diisi